Homeschooling Anak Gangguan Komunikasi

Jul - 02
2020

Homeschooling Anak Gangguan Komunikasi

Homeschooling Untuk Anak Gangguan Komunikasi

Anda mungkin pernah menjumpai atau bahkan saudara atau anak sendiri yang memiliki gangguan komunikasi, sehingga akan membuat kesulitan dalam pendidikannya. Mereka akan kesulitan dalam mengekspresikan diri mereka dan mengerti apa yang dibicarakan oleh orang lain, hal ini tidak berhubungan dalam indera pendengaran karena tidak merupakan satu masalah yang satu. Gangguan ini akan menyerang anak pada usia dibawah 3 tahun sekitar 10-15% anak batita. Untuk umur 4 tahun kemampuan bahasa akan lebih stabil dan akurat. Namun untuk mereka yang memiliki gangguan pada komunikasi akan sangat kesulitan dalam megungkapkan ekspresinya.

Jika hal tersebut sudah anda rasakan dan melebihi waktu normal biasanya, maka anda perlu melakukan berbagai macam terapi untuk mengatasi gangguan bahasa yang dialaminya. Seperti terapi individu, terapi ini sangat baik digunakan untuk anak yang berhubungan dengan ADHD atau gangguan belajar juga. Cara ini cukup bekerja untuk keluarga yang memiliki kesibukan diatas rata-rata, sehingga anak akan ettap dalam pengawasan lebih baik. Terapi grup pun bisa menjadi salah satu cara alternatif lainnya yakni dengan cara terapi bersama namun cara ini tidak cukup efektif dikarenakan kemampuan dan masalah masing-masing individu yang jelas berbeda dari yang lainnya, sehingga tidak terlalu efektif jika anda menginginkan sesuatu yang lebih bagus anda bisa memilih terapi individu.

Jika sudah melakukan terapi dan masih belum mendapatkan hasil yang maksimal untuk kemampuan belajarnya, maka anda bisa menerapkan cara yang ampuh demi kegiatan pendidikannya, yakni homeschooling untuk sang anak. Homeschooling memiliki beberapa manfaat yang sangat efektif yakni diantaranya :

1. Memastikan anak mengerti.
Saat homeschooling anak dibantu untuk mengerti apa yang dimaksud dan dikatakan dengan bahasa ekspresi sehingga kata-kata yang keluar bisa dicerna dan ditangkap dengan baik, dengan homeschooling anak akan mendapatkan guru yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan memiliki kemampuan yang sudah tidak diragukan, sehingga anda tidak perlu khawatir, anak tentu akan diajarkan bahasa yang akan memudahkan anak mengerti.

2. Memberikan waktu.
Beberapa orang tidak mengerti dengan apa yang diucapkan dengan cepat dan akan merasa gugup jika dipaksa untuk mengatakan atau mengerti dengan cepat sehingga anak akan diberikan keleluasaan waktu untuk bisa mengontrol dan memproses yang akan diucapkan sehingga anak akan merasa aman dan nyaman dan lebih bagus dalam mengontrol emosinya.

3. Melatih anak untuk memberikan tanggapan.
Anak mungkin tidak bisa menjawab dengan cepat atau tidak mudah dalam melontarkan kata-kata yang akan disampaikan. Jika anak dipaksa maka yan diperoleh ialah anak akan merasa tertekan dan tidak akan menjawab apa yang ditanyakan, dengan ini anak bisa melatih meberikan tanggapan seperti tanggapan dalam belajar apakah dirasa cukup menyenangkan atau kurang menyenangkan, tempat yang sesuai atau belum sesuai dengan yang diinginkan sehingga anak bisa melatih memberikan tanggapan dan bisa sedikit demi sedikit berbicara untuk bisa menyembuhkan gangguan komunikasi yang dialami.

4. Menggunakan cara lain untuk berkomunikasi.
Bukan suatu hal yang mudah untuk bisa mengajaknya berbicara, maka diperlukan bahasa atau cara lain untuk bisa berkomunikasi secara lancar oleh dua pihak atau lebih. Beberapa cara yang bisa digunakan ialah berupa isyarat tubuh, gestur, gambar, buku atau alat peraga lainnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika anda mengikuti homeschooling anak gangguan komunikasi.