Homeschooling Kak Seto

Jul - 25
2019

Homeschooling Kak Seto

Homeschooling Kak Seto

Di zaman yang semakin maju ini, semakin banyak orangtua yang paham bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting sehingga mereka ingin selalu memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya baik di sekolah formal maupun informal. Namun, tidak semua anak bisa cocok dengan lingkungan sekolah yang jumlah siswanya bisa mencapai 40 orang siswa per kelas. Banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas membuat guru harus bisa menjangkau semua siswa dan siswa pun tidak dapat benar-benar fokus dalam belajar. Maka tidak heran jika banyak sekali siswa yang rajin sekolah tapi tidak mendapatkan pengetahuan apapun di sekolah dan harus mengikuti les tambahan selepas sekolah yang tentu saja sangat melelahkan. Dikarenakan hal-hal tersebut, orangtua pun mencari sekolah private agar anak menjadi lebih fokus belajar atau yang dinamakan dengan homeschooling.

Apa itu homeschooling ?
Homeschooling merupakan jalur pendidikan yang informal. Pada dasarnya, apa yang diajarkan oleh guru pada program homeschooling tidak jauh berbeda dengan apa yang diajarkan di sekolah formal biasanya. Hanya saja, guru menjadi lebih fokus pada setiap siswa dan siswa dapat belajar dengan lebih nyaman. Tidak hanya itu, pembelajaran juga menjadi lebih interaktif karena siswa aktif bertanya dan lebih efektif karena siswa lebih fokus selama pembelajaran. Hal inilah yang membuat homeschooling menjadi pilihan orangtua yang menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya.

Kelebihan dan kekurangan homeshooling
Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan homeschooling. Sistem belajar informal yang dilakukan di rumah ini memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan dari homeschooling diantaranya adalah sebagai berikut.
– Siswa menjadi lebih fokus dan dapat mencerna pelajaran dengan lebih cepat.
– Guru dan siswa dapat berinteraksi secara langsung sehingga menciptakan suasana belajar yang interaktif.
– Guru dapat fokus memperhatikan perkembangan siswanya karena jumlah siswa terbatas dan bahkan privat.
Adapun kekurangan dari homeschooling diantaranya adalah sebagai berikut.
– Anak kurang bersosialisasi karena biasanya homeschooling dilakukan secara privat.
– Biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada sekolah formal.
– Di masyarakat, anak dianggap tidak seperti siswa yang sekolah formal.

Dibalik kekurangannya, sebenarnya homeschooling memiliki lebih banyak kelebihan selain dari yang disebutkan di atas. Hal tersebut menyebabkan minat terhadap program homeschooling pun semakin tinggi. Bahkan tidak sedikit orangtua yang memilih homeschooling untuk anak sejak dini sampai setara dengan sekolah menengah atas (SMA). Baru setelah itu memasuki perguruan tinggi sebagai pendidikan formal. Tingginya minat terhadap homeschooling, membuat banyak lembaga yang mulai memberikan jasa homeschooling yang salah satunya adalah homeschooling kak Seto.

Menurut kak Seto, setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak untuk dirinya. Namun sayangnya tidak dapat di pungkiri banyak anak yang mendapatkan pengalaman yang kurang baik selama masa sekolah formal atau tidak dapat belajar dengan baik di kelas biasa. Dengan mengikuti homeschooling, anak bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik dengan lingkungan yang lebih baik pula. Tidak hanya itu, orangtua juga dapat terlibat langsung melihat perkembangan anak dari waktu ke waktu sehingga orangtua tau perkembangan akademik anaknya.

Di homeschooling kak Seto terdapat tiga jenis program homeschooling, yaitu:
1. Homeschooling komunitas, yaitu homeschooling untuk anak dalam bentuk grup atau kelompok. Dalam satu kelompok belajar ini dibatasi 10 orang siswa agar pembelajaran tetap efektif dan anak bisa bersosialisasi dengan anak lainnya secara intens.
2. Homeschooling distance learning, yaitu program homeschooling yang bersifat private dan diberi modul sebagai bahan ajar.
3. Pendidikan khusus, yaitu program homeschooling untuk anak berkebutuhan khusus atau ABK. Program ini memberi kesempatan bagi ABK yang tidak dapat mengikuti sekolah formal agar mendapatkan pendidikan yang setara.

Homeschooling kak Seto memberikan peluang pada anak untuk dapat berfikir kritis dan mengembangkan kreativitasnya. Selain itu, anak juga dapat mencari tau bakat dan minatnya yang disesuaikan dengan perkembangan fisik serta psikis anak. Guru juga dituntut untuk memberikan pembelajaran yang interaktif sehingga siswa dapat lebih aktif dan lebih mudah dalam menerima pembelaran. Tidak hanya itu, orangtua juga dapat berkonsultasi mengenai pendidikan anak sehingga metode pengajaran yang diberikan menjadi lebih tepat yang dapat mempercepat perkembangan anak selama belajar.

Adinata Homeschooling tumbuh dan berkembang juga karena didukung dan disupport oleh Kak Seto untuk Fokus pada layanan homeschooling untuk anak berkebutuhan khusus, Terima kasih atas supportnya Kak Seto.

Kami tertarik dengan Adinata Homeschooling

Chat di Whatsapp