Parenting Anak

Adinata Homeschooling juga memiliki Program Parenting Anak untuk para orang tua yang ingin merawat anaknya dengan baik mulai sejak dini.

Setiap orangtua pasti menginginkan anak-anaknya memiliki karakter dan kepribadian yang baik,religius serta dapat dibanggakan dengan pribadinya yang baik. Namun, zaman sekarang mendidik anak susah susah gampang, dikarenakan zaman yang bertambah maju dan modern dan tentu saja berbeda dengan zaman dahulu kala, sehingga penerapan didikan yang sama tidak bisa lagi dilakukan. Untuk itu harus ada perubahan yang tercipta demi sang anak bisa tumbuh kembang dengan baik dan membanggakan. Untuk terciptanya anak yang patuh, taat agama serta cerdas harus dilakukan upaya parenting anak yang baik.

Manfaaat parenting anak diantaranya :

1. Melatih kemandirian dan menanamkan rasa tanggungjawab kepada anak sejak usia dini.
Ketika parenting anak dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan keadaan jiwa sang anak, psikologis anak, dan keadaan sekitar anak maka anak bisa dilatih untuk bisa menjadi mandiri dan memiliki rasa tanggung jawab dengan cara melatih sang anak dari dini jika ia telah selesai bermain maka ajarkan sang anak untuk membereskan mainan yang sudah digunakan, dengan itu maka rasa tanggungjawab sang anak sedikit demi sedikit akan muncul dengan sendirinya dikarenakan telah terlatih sejak dini. Para orangtua tidak perlu terlalu memanjakan dengan menuruti semua keinginan sang anak, jika terlalu dimanja maka akan mengakibatkan tumbuh kembangnya tidak sesuai dengan yang diharapkan untuk menjadi pribadi yang mandiri serta bertanggungjawab.

2. Menumbuhkan rasa ingin tahu kepada anak sejak dini.
Pada usia dini anak-anak memiliki kecerdasan dengan keingintahuan yang sangat besar oleh karena itu pada masa-masa emas tersebut diupayakan untuk sang anak bisa melatih kecerdasannya didampingi para orangtua yang membimbing sang anak dan jangan pernah dipatahkan keingintahuannya ya mommy, karena sekali saja kecerdasan itu dipatahkan maka akan berakibat tidak baik kedepannya. Jika para orangtua tidak paham dengan apa yang ditanyakan maka sebisa mungkin untuk mencari tahu dan jangan berbohong pada sang anak untuk menghindari kata tidak tahu agar sang anka tetap mau mengembangkan keingintahuannya lebih banyak lagi.

3. Melatih kemampuan berpendapat sang anak.
Diupayakan bagi para orangtua untuk tidak main hakim sendiri karena cara tersebut sangatlah kuno dengan kata-kata orangtua selalu benar dan anak selalu salah. Kita harus mampu merubah mindset tersebut jika orangtua salah harus menyadari dan menerima kesalahannya dan upayakan untuk meminta maaf pada sang anak, dengan begitu anak akan meniru perlakuan sekecil apapun para orangtua. Jika orangtua tidak pernah mengakui kesalahannya maka anak pun akan begitu juga. Anak tidak akan mengakui kesalahannya kelak. Jika sesuatu terjadi hal yang utama dilakukan adalah menanyakan pendapat apa, bagaimana, mengapa hal tersebut bisa terjadi, ajaklah diskusi sang anak sejak dini. Umur anak usia dini merupakan usia yang sedang menangkap dan meniru apa yang terjadi dan akan dilakukan hingga ia tumbuh dewasa maka dari itu lakukanlah yang terbaik untuk tumbuh kembang sang anak.

4. Mengajarkan anak untuk melatih sosial, bersimpati dan empati.
Rasa sosial harus selalu diajarkan untuk sang anak sejak usia dini, sehingga kita bisa mengajarkan anak untuk melatih jiwa sosial sang anak dengan cara mengajarkan anak memberikan sesuatu pada orang lain baik berupa jasa, materi maupun bantuan lainnya sehingga anak bisa mengerti bahwa jiwa sosial harus selalu ada.

Program Parenting Anak di Adinata

Kami tertarik dengan Adinata Homeschooling

Chat di Whatsapp